Ngeblognya Kok Pake Blogspot?

by - Wednesday, April 13, 2022



Ngeblognya Kok Pake Blogspot? - Memasuki bagian 2 dari BPN 30 Day Ramadan Challenge 2022 ini membuatku semakin bersemangat karena temanya bisa membuatku sekalian flashback atau mengingat kembali banyak cerita yang memorable dan bisa kubagikan ceritanya di sini. Tema tentang blogging membuat ide tulisan yang ada di otakku sedikit tumpah ruah karena ada banyak hal yang ingin kutulis meski tidak begitu detail.

Awal Mengenal Blogspot

Tema kali ini mengingatkanku pada masa SMP dimana aku masih banyak penasaran dengan dunia teknologi dan internet. Bahkan, aku masih ingat pertama kalinya aku membuat blog karena aku membaca buku tentang blog di Gramedia. 

Kala itu, Gramedia menjadi tempat yang paling sering kukunjungi karena aku memang secinta itu dengan buku. Saat itu aku sering membeli komik dan buku-buku tentang internet.

Kesempatan untuk berkenalan dengan blogspot pun muncul setelah aku membuka buku yang memiliki logo oren di depannya. Aku merasa sangat tertarik dan ingin segera berangkat ke warnet untuk membuatnya. 

Aku yang dulu sering ke warnet untuk bermain Point Blank atau hanya sekedar membuka Facebook dan Twitter, kini memberanikan diri membuat sebuah blog yang namanya tidak pernah kuubah sampai saat ini.
  • Aulia Rahmah: namaku
  • T: inisial nama bapak 
  • N: inisial nama ibu 
  • A: inisial namaku
  • Z: inisial nama adikku 

Aku yang memang sedari dulu sudah menyukai menulis, merasa senang dengan memiliki blog meski masih memiliki .blogspot.com. Di sana, sudah ada banyak tulisan yang kuhapus karena tidak jelas. Dan menyisakan 2 tulisan ini yang kutulis di tahun 2011 saat aku kelas 9 atau 3 SMP:

Dan setelah itu, aku banyak menulis juga sampai setahun sekali minimal ada tulisan di dalam blog meski banyak yang kuhapus juga hehe.

Hal itu terus berlanjut bahkan sampai aku SMK dan kebetulan aku masuk ke ekstrakulikuler "Internet Marketing" tugasnya pun aku diwajibkan untuk memiliki sebuah blog. Aku yang sudah punya tentunya merasa senang dan semakin rajin menulis juga hingga sekarang.

Oleh karena itu, rasanya aku sayang untuk berpindah dan aktif di platform lain. Blogspot seperti sudah menjadi teman yang melihat pertumbuhanku dari masa SMP sampai saat ini.

Alasan Menggunakan Blogspot

Selain itu, ada juga beberapa alasan lain kenapa aku masih menggunakan blogspot sampai sekarang: 

GRATIS

Ini hal yang paling kusuka dari blogspot. Cara mendaftarnya mudah hanya tinggal login Google saja dan juga gratis. Bahkan aku juga bisa bebas mengupload gambar karena gambarnya akan masuk ke Google Photos dan tetap bisa kita kontrol juga.

Bahkan, kita tidak perlu membayar sepeserpun jika tidak menggunakan domain TLD (.com dsb), kita tetap bisa ngeblog dengan nama domain yang berakhiran .blogspot.com.

Mudah Digunakan

Buktinya, aku yang dulu masih SMP saja tetap bisa menggunakan blogspot dan memanfaatkan fitur-fiturnya. Dashboard-nya pun simpel dan user friendly sekali.

Punya Banyak Theme

Ada banyak theme yang tersebar di internet mulai dari yang gratis hingga berbayar. Ada banyak juga website yang secara khusus mengumpulkan theme dari berbagai sumber dan bisa kita gunakan. 

Meskipun di kantor aku menggunakan platform lain yaitu WordPress, untuk blog utamaku aku tetap menggunakan blogspot karena ada banyak memori yang tersimpan di dalamnya

Itulah jawaban lengkapku kalau ada yang bertanya "Ngeblognya Kok Pake Blogspot? ". Untuk kamu yang sedang belajar ngeblog, kamu bebas kok mau menggunakan platform apa pun dengan senyaman mungkin.

Sampai jumpa di tulisanku yang selanjutnya! :)

You May Also Like

0 komentar

Halo semuanya, silakan tinggalkan jejak disini ya :) tolong jangan SPAM atau komentar yang berhubungan dengan SARA. Thanks :)