Ceritaku Bertemu Pekerjaan Saat Ini

by - Monday, April 18, 2022



Ceritaku Bertemu Pekerjaan Saat Ini - Bicara soal profesi, sebenarnya aku cukup bingung dengan title yang didapatkan. Sebelumnya, mungkin aku akan bercerita soal awal aku bekerja dan segala macam cerita di dalamnya.

Dulu aku sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan dan mengambil Rekayasa Perangkat Lunak dimana aku banyak belajar membuat website aplikasi dan coding bahasa pemrograman juga database. Aku juga memiliki pemikiran untuk bekerja di bidang yang sama seperti saat sekolah. Entah itu sebagai programmer, web designer atau hal lainnya yang berhubungan dengan IT.

Cerita Awal Mendapatkan Pekerjaan

Hal itu aku manfaatkan saat pihak sekolah memberikan informasi mengenai lowongan pekerjaan yang diminta dari perusahaan yang bekerjasama dengan sekolah. Jadi, biasanya kami yang baru selesai ujian bisa langsung melakukan interview pekerjaan di waktu yang sudah ditentukan. Namun sayangnya, setiap kali ada interview di sekolah, aku tak pernah masuk sampai ke tahap berikutnya dan memilih mencari pekerjaan di luar lowongan yang disediakan sekolah.

Karena penasaran, saat itu ada lowongan pekerjaan di sekolah dan aku berpikir untuk mencoba mendaftar untuk yang terakhir kalinya dengan mengirim CV dan file lainnya. Aku ingat betul nama perusahaan yang aku kirimkan CV dan saat itu ada panggilan interview dari perusahaan lain yang tak pernah ku kirimkan CV. 

Awalnya aku bingung, tapi saat aku melihat alamatnya ternyata sama dengan alamat perusahaan yang kukirim CV. Karena aku baru pertama kali mendaftar pekerjaan, aku tak menganggapnya aneh dan mencoba datang ke kota sebelah untuk menerima panggilan interview. Aku datang berdua dengan temanku karena saat itu ternyata temanku juga dapat panggilan yang sama.

Sesampainya di sana, ternyata tempat yang akan kudatangi adalah sebuah tempat kursus yang belum lama berdiri dan sedang mencari pengajar. Wah, aku benar-benar bingung! Tapi, karena aku ada pengalaman pernah mengajar di sela waktuku sekolah saat itu, aku bersedia untuk mencoba mengikuti prosedur yang ada.

Interview dimulai dengan mengetes kemampuan coding-ku. Kalau tidak salah ingat, saat itu aku diminta untuk membuat coding simpel yaitu CRUD atau bahasa mudahnya, coding untuk membuat, menampilkan, mengubah dan menghapus data dalam database menggunakan PHP. Jujur saja aku agak minder karena teman yang interview denganku bahkan sudah pernah mencoba membuat aplikasi android saat sedang prakerin atau PKL dulu.

Tapi, kucoba ikuti dan ada sedikit sesi tanya jawab dengan pemilik tempat kursus saat itu. Setelah itu, aku pulang dengan temanku dan kami memilih untuk makan terlebih dahulu di sebuah mall di kotaku. 

Setelah makan, tiba-tiba hpku berdering dan muncul nama perusahaan yang tadi kudatangi. Adminnya mengatakan kalau aku berhasil dan diminta untuk datang kembali keesokan harinya untuk negosiasi gaji dan hal lainnya. Temankujuga sepertinya mendapatkan pesan chat yang mengatakan dia tidak berhasil. Aku benar-benar merasa tidak enak dan kami banyak diam sepanjang jalan pulang kembali ke rumah. 

Pertama Kali Bekerja

Akhirnya aku berhasil mendapatkan pekerjaan dari tempat yang tidak kusangka-sangka. Aku langsung mencari kost terdekat dan mulai bekerja di kota sebelah sebagai pengajar. Di sana aku belajar kembali untuk memahami materi yang dibuat tempat kursus itu. Jujur saja, aku jadi dapat banyak ilmu yang sebelumnya belum aku tahu.

Aku menjalani pekerjaan sebagi pengajar selama kurang lebih 2 tahun. Dan aku juga sempat menjadi admin sementara saat weekend di tempat yang sama untuk melayani customer mulai dari menjelaskan produk, melakukan pembayaran, dan lain-lain. Aku lupa, sepertinya entah di tahun ke-3 atau ke-4, aku merangkap pekerjaan menjadi seorang marketing.

Hasil pekerjaanku menjadi tidak maksimal karena merangkap pekerjaan sehingga akhirnya aku melepaskan pengajar dan fokus dalam marketing. Saat ini, aku merasa cukup cocok dengan pekerjaan saat ini karena semuanya berhubungan dengan konten!

Aku banyak membuat konten mulai dari konten postingan gambar, carousel, video, artikel, dan lain-lain. Aku juga membantu mengurus proses kerjasama atau partnership dengan perusahaan lain dan job desk lainnya.

Dan beginilah aku sampai sekarang. Aku banyak melakukan hal-hal yang berhubungan dengan konten dan media sosial. Aku jadi semakin banyak ilmu juga yang didapatkan dari sini. Ketika mendapatkan pekerjaan di sini, aku belum pernah resign sampai sekarang. Jadi, kurang lebih aku sudah bekerja selama 8 tahun di tempat yang sama dengan 3 bagian pekerjaan yang berbeda.

Keseharianku saat ini lebih banyak bekerja dan mengurus bayi secara bersamaan karena kebetulan aku WFH dan mendapatkan kemudahan yaitu jam kerja yang fleksibel. Meskipun terasa melelahkan, tapi aku beruntung masih bisa mengurus dan menjaga bayiku sendiri. Hal paling beruntung yang kudapatkan dari pekerjaanku adalah ilmu yang begitu berlimpah.

Inilah ceritaku bertemu pekerjaan saat ini. 

You May Also Like

0 komentar

Halo semuanya, silakan tinggalkan jejak disini ya :) tolong jangan SPAM atau komentar yang berhubungan dengan SARA. Thanks :)