Kue Bolu untuk Lebaran? Kenapa Tidak?

by - Wednesday, April 27, 2022


Kue Bolu untuk Lebaran? Kenapa Tidak? - Sadar ga sih beberapa hari lagi lebaran? Udah pada siapin apa aja nih buat lebarannya? Pasti ada ya yang udah bikin banyak kue kering?

Di rumahku, karena orang-orangnya tidak begitu suka ngemil kue kering, jadinya bisa dibilang hampir setiap tahun udah jarang bikin kue kering lagi. Paling, biasanya aku atau ibu pesan ke teman ibu yang sudah jadi langganan.

Kalau ngomongin soal kue kering untuk lebaran, ada 1 kue kering yang benar-benar aku suka. Lidah kucing. Kue kering yang bentukannya tipis dan rasanya manis ini ga bakalan tinggal lama di dalam toples. Kalau di rumah ada aku sama adikku, pasti suka cepat habis saking sukanya. 

Tapi, sayangnya aku masih belum bisa membuat kue kering. Di antara semua kue, aku hanya bisa membuat kue bolu. Jadi, mau tidak mau, untuk resep kali ini, aku bakal share gimana caranya buat bolu ubi ungu. 


Takutnya, kamu bosan dengan kue bolu yang biasa atau kue bolu pisang, nah, sekarang kita buat kue bolu yang warna ungu!

Oh iya, biasanya keluarga besarku di Garut, saat menjelang lebaran, selain membuat kue kering, pasti ada kue bolu juga. Jadi, tetap match ya dengan tema lebaran. 

Langsung saja yuk, ini dia resep bolu ubi ungu:

Bahan-bahan:
  • 200gr ubi ungu
  • 1 bks santan kara
  • 5 butir telur
  • 200gr gula pasir
  • 1/4 kg terigu
  • 1 sdt SP
  • Seujung sdt baking powder
  • 1 sachet krimer kental manis

Cara Membuat Kue Bolu Ubi Ungu:
  1. Lapisi loyang bolu dengan mentega dan terigu.
  2. Rebus ubi hingga matang.
  3. Lalu, hancurkan ubi dengan garpu dalam mangkok.
  4. Campur ubi yang sudah dihancurkan dengan santan kara.
  5. Masukkan SP, baking powder, telur dan gula pasir ke wadah mixer.
  6. Kocok dengan mixer hingga merata (mengembang, warna putih).
  7. Masukkan adonan ubi, terigu dan krimer kental manis.
  8. Kocok kurang lebih 15 menit.
  9. Masukkan adonan kue ke dalam loyang yang sudah dilapisi mentega dan terigu.
  10. Kukus adonan hingga matang dan mengembang.
  11. Angkat. Kue bolu ubi ungu sudah siap dinikmati.

Nah, gimana? Mudah bukan cara buatnya? Sebenarnya, resep ini sudah pernah aku bagikan juga di akun cookpad-ku. Jadi, kalau pernah lihat gambar bolu warna ungu yang ada di sini, ini asli aku yang buat kok! Hehe.

Bolu ini juga bisa kok dibawa buat bingkisan ke rumah doi, mertua atau teman-teman juga! Coba buat sekarang yuk!

Semoga bermanfaat :)

You May Also Like

1 komentar

  1. Wah menarik. Saya belum pernah nyoba ubi ungu dibikin jadi kue bolu. Trims resepnya kak!

    ReplyDelete

Halo semuanya, silakan tinggalkan jejak disini ya :) tolong jangan SPAM atau komentar yang berhubungan dengan SARA. Thanks :)