Awal Perkenalan dengan Digital Marketing

Tuesday, January 31, 2017
Halo guys, hari ini aku mau share tentang Awal Perkenalan aku sama Digital Marketing. Btw, ada yang belum tau digital marketing itu apa? Digital Marketing itu menurut aku cara promosi atau marketing suatu produk melalu media digital seperti internet, tv, social media, dll. Nah, di zaman serba digital saat ini, digital marketing emang udah jadi keharusan buat pemilik usaha. Coba bayangin, kalau kalian mau beli barang, biasanya apa yang kalian cari? Pasti cari online shop di internet atau di social media kan? Selain mudah, kita engga perlu jalan kesana kemari buat cari barangnya. Dan kita tinggal duduk tunggu barang datang. Simpelnya!

Oke, langsung ke awal perkenalanku sama digital marketing. Awalnya, aku pikir aku kenal Digital Marketing ini pas aku mulai masuk kerja. Tapi, setelah liat postingan G+ aku, aku jadi inget. Pas kelas 11 SMK, aku ikut UPD (Unit Pengembangan Diri) atau ekskul yang namanya "Internet Marketing". Jadi di UPD itu, aku diajarin cara jualan di marketplace. Aku lupa marketplace apa namanya. Terus disuruh buat blog gitu. Nah, aku yang udah mulai blogging dari SMP seneng dong akhirnya aku punya alasan buat posting di blog yang udah terabaikan hehe. Cuma itu sih yang aku inget pas SMK :D

Nah, lanjut pas masuk kerja, aku bener-bener diajak kenalan sama Digital Marketing. Kebetulan aku kerja di tempat yang berhubungan sama Digital Marketing. Dan mulai 2017 ini, aku mulai aktif di bagian "Marketing". Tapi, lebih tepatnya "Online Marketing". Bener-bener jadi tantangan buat aku ada di bagian ini. Meskipun, udah di tahun 2016 lalu aku mulai belajar tentang Digital Marketing ini, tapi aktifnya baru 2017 ini. Jadi, aku masih banyak belajar.

Apa aja yang aku pelajari tentang Digital Marketing ini? Sejujurnya, kalau ngomongin tentang Digital Marketing, ada banyak banget yang bisa dipelajari. Beberapa dari sekian banyaknya itu, kurang lebih ini yang aku tahu tentang Macam-Macam Digital Marketing:


Search Engine Optimization (SEO)

Macam-Macam Digital Marketing
source: http://nightlightcreative.com/

Yap, SEO ini salah satu teknik Digital Marketing yang banyak macamnya. SEO (Search Engine Optimization) udah jelas ya dari singkatannya, berhubungan dengan mesin pencari, misalnya Google. Saat kita mencari sesuatu di Google, pasti kita mengetik kata kunci di kolom pencari. Dan setelah itu, akan muncul banyak website di setiap halaman Google Search. Tujuan dari SEO ini, untuk optimasi website. Sebagai contoh, kita mau beli baju untuk kondangan, kita hanya tinggal mengetik "beli baju kondangan" di Google, dan nanti ada banyak website yang mengacu ke baju kondangan itu. Dari sekian banyak website, pasti yang diklik itu yang ada di paling atas kan?
Macam-Macam Digital Marketing
contoh SEO itu yang ada di kolom merah

Jadi, SEO itu kurang lebih gimana caranya agar website kita ada di halaman 1 Google. Untuk pemilik usaha, teknik SEO ini menurutku wajib dilakukan. Karena selain gratis, cara ini juga cukup efektif untuk membuat website kita menjadi banyak di kenal orang.

Selain itu, buatlah website yang powerfull, user-friendly dan juga seo-friendly agar lebih mudah dalam mengoptimasi SEOnya.


Optimasi Ads


Yang kedua itu ada Optimasi Ads. Ads disini mengacu ke iklan. Bisa Search Ads atau Social Media Ads. Pada teknik ini, kita harus mengeluarkan budget namun hasilnya tentu lebih banyak reach yang didapatkan. Contoh mudah untuk melihat Ads, lihat gambar di atas di bagian SEO, ada beberapa website yang ada di kotak hijau dan di sebelah kiri linknya ada tulisan "iklan". Sudah jelas website tersebut menggunakan Ads untuk berada di halaman 1 Google. 

Contoh lainnya dari Ads di Media Sosial adalah Facebook Ads. Kalau kalian pernah liat postingan yang ada tulisan sponsored-nya atau yang ada di bagian kanan berarti itu pake Ads. Contohnya kayak gambar ini:
Macam-Macam Digital Marketing
facebook Ads

Bedanya dengan SEO, SEO itu gratis tapi butuh banyak cara untuk optimasi, tapi kalau Ads ini cukup dengan bayar, tulis konten dan akhirnya iklan akan muncul. Semakin banyak budget yang kita keluarkan, semakin banyak juga reach yang didapatkan.


Optimasi Media Sosial


Macam-Macam Digital Marketing
source: http://sendible.com/

Saat ini sudah dapat dipastikan hampir setiap orang memiliki Media Sosial, karena itu untuk mendapatkan banyak pelanggan dari media sosial bukanlah hal yang sulit. Dalam mengoptimasi media sosial, ada banyak cara yang bisa digunakan. Berikut di antaranya :

  • Tuliskan informasi kontak yang jelas di bagian informasi. Misalnya di Instagram pada bagian Bio, Facebook pada bagian About, Twitter pada bagian Bio, dan lain-lain
  • Buatlah konten yang menarik (jangan hanya promosi)
  • Sekali-kali buat kontes atau kuis untuk menarik perhatian
  • Buat diskon khusus untuk followers media sosial


Konten! Konten! Konten!

Macam-Macam Digital Marketing
source: http://www.zaginteractive.com/

Konten merupakan hal yang sangat penting jika kita menggunakan teknik SEO. Ada baiknya dalam website memiliki blog. Dengan blog kita bisa banyak menulis artikel yang bermanfaat dan banyak dicari juga. Dan jangan lupa selalu update artikel setiap hari agar website kita terus melakukan aktivitas.  

Ada salah satu teknik yang bernama Copywriting. Copywriting ini teknik menulis yang bertujuan untuk memasarkan atau mempromosikan suatu produk. Tapi tentu saja tidak semudah yang dibayangkan, karena copywriting ini mempromosikan tapi saat dibaca terlihat seperti tidak sedang promosi. Professional sekali bukan? Jadi, tidak hanya sekedar menulis atau promosi ya! Perlu banyak latihan untuk membuat kita menjadi seorang copywriter.

Namun, jika kita merasa sangat membutuhkan konten namun belum bisa membuatnya, tenang saja, saat ini sudah banyak Jasa Penulis Artikel yang bisa kita gunakan. 

Kurang lebih itu macam-macam digital marketing yang lagi aku pelajarin. Yang paling sulit buat aku itu yang copywriting. Kalau buat konten yang lain insha Allah bisa. Tapi copywriting, aku harus belajar lebih sering lagi biar bisa.

Oh iya, dari begitu banyaknya teknik Digital Marketing, kalau kita termasuk orang yang sibuk dan mungkin butuh jasa digital marketing untuk meningkatkan website, saat ini sudah banyak jasa digital marketing yang bisa kita temui. Salah satunya adalah ABAH Digital Marketing Specialist. Jasa Social Media Marketing Jakarta ini akan membantu kita dalam mengoptimasi website kita seperti menulis artikel, optimasi media sosial, dan lain-lain.

Jadi inget kata-kata ini :
Stay Hungry Stay Foolish -Steve Jobs
Jangan pernah ngerasa puas kalau kita udah bisa banyak hal. Tetap Lapar Tetap Bodoh, Kita harus tetap mau belajar lebih banyak. Harus selalu mau gali ilmu terus dan terus.

Kompetisi Blog ABAH - Digital Marketing


24 comments:

  1. penjelasannya singkat, jelas, padat, keren dah :D

    ReplyDelete
  2. Salam kenal :) Suka closing statement nya, seharusnya emang kita tetep harus lapar ya, dan ga cepet merasa puas, supaya selalu naik kelas :) Nice sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya bener, makasih udah mampir ya! salam kenal juga :)

      Delete
  3. penyampaian nya singkat dan jelas jadi enak bacanya gk bertele2, nice post!

    ReplyDelete
  4. Paling suka sama closingnya...
    Tetap lapar..
    Dari isinya saya msih agak kurang ke SEO masih kurang ngerti.
    Oh ya mbak, gimana bisa nyusun artikel semenarik itu?
    Keren mbak artikelnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe kan share cerita aja blm master seo >< makasi yaa

      Delete
  5. Keren banget nih , kayanya harus belajar banyak sama aulia nih :)

    ReplyDelete
  6. bagaimana dengan syndicate content kak? :O apa bagus untuk adsense... mohon dibuatkan artikel khususnya :D

    ReplyDelete
  7. Wah pengen cari uang dari digital marketing..Tapi belum punya basic apa apa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cari tutorial tentang seo dulu aja hehe

      Delete
  8. makasih buat kiat kiat untuk digital marketing nya :D
    saya soal markrting online masih tahap belajar semoga bisa berkembang

    ReplyDelete
  9. Saya suka baca artikelnya karena menceritakan sejarah awal jalan kehidupan sang penulis! Salam kenal ya mba

    ReplyDelete
  10. artikel nya harus di coba ini mah..
    nice

    ReplyDelete
  11. Kalau saya promosinya paling mudah pakai fanspage facebook. Saya pasang banner besar besar berukuran 13x5 cm di background halamanya. Jadi begitu ada orang yang melihatnya, maka yang pertama kali di lihat adalah banner yang berisi nomor kontak saya seperti WA dan BBM, dan ampuh juga karena dagangan saya laris berkat fanspage ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya boleh juga tuh caranya, tambah pake facebook ad deh biar makin mantep hehe

      Delete

Halo semuanya, silakan tinggalkan jejak disini ya :) tolong jangan SPAM atau komentar yang berhubungan dengan SARA. Thanks :)

Powered by Blogger.