Gimana Sih Rasanya Work From Home?

by - Saturday, April 18, 2020


Gimana Sih Rasanya Work From Home? - Halo, setelah beberapa bulan lamanya aku ga nulis di blog ini, akhirnya aku bisa nulis lagi. Selama beberapa bulan ini aku sibuk banget di kerjaan aku karena udah work from home. Bahkan, sebelum ada COVID-19. Loh, kok sibuk? Kan kerjanya di rumah? Sibuknya gimana?

Hehe, jadi aku bakal cerita pengalaman aku work from home yang malah bikin aku makin produktif kerja.

Jadi, akhir tahun 2019, karena suatu alasan aku mutusin buat kerja di rumah aja. Dan itu juga direkomendasiin sama atasan aku. Karena beliau sendiri yang rekomendasiin, aku seneng banget! Jadi, aku ga perlu berangkat pagi dan pulang malam lagi setiap hari. Hehehe. Atasanku kasih syarat harus pasang wifi di rumah.

Sebenernya selama sebulan aku kesusahan buat cari provider wifi yang sesuai soalnya rumah aku belum terjangkau sama beberapa provider. Dan ada 1 provider sejuta umat yang pasti kalian tau apa. Yang ternyata udah ngejangkau area sekitar rumah aku. Ada sekitar 5 teknisi dalam sebulan yang bulak balik buat cek apa bisa pasang wifi di rumah. Dan tetep aja ga bisa karena penuh.

Akhirnya aku tunggu sebulan lagi karena katanya mau pasang tiang listrik baru. Selama nunggu itu, aku kerja di kantor cabang Depok yang cuma ngabisin 1-2 jam perjalanan aja dari rumah. Aku pulang pergi dan itu pertama kalinya ngerasain kerja pulang pergi. Lumayan melelahkan. Aku salut banget sama kalian yang pulang pergi Bogor-Jakarta setiap hari.

Setelah sebulan di Depok, aku nemunin 1 teknisi yang menyanggupi buat pasang wifi di rumah padahal tiangnya penuh. Jadi, intinya mereka narik kabel dari tiang yang ada di sebrang jalan ke tempat les tempat ibu aku kerja. Iya, jadinya di tempat les soalnya kalau di rumah jalannya terlalu banyak belokan dan lebih beresiko karena banyak pohon + rumah-rumah.

Akhirnya, aku bisa kerja di rumah. Siapa bilang kerja di rumah bisa santai? Jawabannya salah banget! :D

Aku tetep kerja seperti biasa dan yang menariknya, aku pakai aplikasi yang bisa ngehitung jam kerja aku dan ngelacak juga aku ngapain aja selama buka laptop. Hah? Ngelacak gimana?

Bukan ngelacak sih, jadi setiap 10 menit sekali, aplikasi itu bakal nge-screenshot layar buat dimasukin ke laporan aplikasinya. Kebayang kaan? Aku ga bisa macem-macem hehehe. Dan 10 menit sekali itu kita ga bisa tau kapan aplikasi bakal screenshot, soalnya random. Intinya dalam 10 menit kerja, aplikasi bakal screenshot 1 layar dan itu random.

Menarik, bukan?

Mungkin beberapa orang mungkin bakal berpikir:
-  "Ah, tau gitu mending kerja kayak biasa aja."
- "Ga enak banget!"
- "Ga bebas kalau kayak gitu!"

Engga, aku ga berfikir kayak gitu. Justru aku ngerasain banyak keuntungan karena Work from Home. Apa aja keuntungan kerja di rumah versi aku? Keuntungan Work from Home:

1. Kerja jadi produktif banget!

Karena pakai aplikasi, aku ngerasa kerjaan aku jadi lebih produktif dari pada biasanya. Dalam 1 hari aku bisa kerjain 5-10 kerjaan dari 30 kerjaan aku. Lumayan banget bukan? Dan kalau ada sisa waktu, aku bisa kerjain kerjaan lain yang butuh banyak waktu alias, aku jadi bisa nyicil kerjaan juga biar besok bisa kerjain yang lainnya juga.

2. Ga banyak buang atau kejar waktu

Biasanya bangun pagi harus langsung mandi terus berangkat kerja naik kereta penuh. Sekarang bangun bisa bantu ibu dulu. Terus berangkat kalau udah selesai sarapan.

Kalau kerja dengan datang ke kantor kayak biasa, pasti ketemu banyak temen bukan? Kita bisa ngobrolin banyak hal meski pun lagi kerja. Jadi, lumayan banyak waktu yang kebuang. Tapi, sekarang waktu bener-bener kepakai buat kerja aja.

3. Lebih Hemat Uang

Yang ini udah jelas bangeeet. Biasanya setiap bulan aku harus bayar kosan yang biasanya harganya 500-600k, sementara sekarang aku cuma ngeluarin buat bayar listrik 50k sama wifi 300k aja. Hemat banyak banget bukan?

Belum lagi, ongkos kalau pulang pergi. Sekarang ga perlu ongkosan lagi soalnya dari rumah ke tempat les deket banget. Beda RT doang. Dan, aku yang biasanya ga tahan liat makanan di Grbfood atau Gfood, sekarang bisa tahan banget. Soalnya ibu suka masakin makanan buat dimakan di jam siang. Atau sekalian diet hehehe.

4. Lebih Banyak Sisa Waktu

Maksudnya sisa waktu gimana? Iya, abis selesai kerja, aku bisa langsung ngelakuin hal lain. Misalnya mau nonton, abis kerja bisa langsung mandi terus langsung pergi karena deket. Hehehe.

Atau yang biasanya ketemu keluarga cuma pas malem pulang kerja abis itu langsung tidur. Kalau sekarang engga. Pulang kerja masih sore, ada keluarga, bisa ngumpul dulu, makan bareng, dan lain-lain.

Minusnya cuma 1, aku jadi kebanyakan duduk terus. Kan ga sehat banget. Harusnya aku bisa stretching tapi kadang suka lupa atau anteng gitu :(

So, kalo ditanya gimana sih rasanya Work From Home? Ya, banyak enaknya hahaha. Lebih ke enak bisa kerja lebih produktifnya sih.

Buat kalian yang lagi kerja di rumah, atau ngelakuin banyak kegiatan #DiRumahAja semangat terus! Jangan lupa buat selalu minum air putih ya!~

You May Also Like

0 komentar

Halo semuanya, silakan tinggalkan jejak disini ya :) tolong jangan SPAM atau komentar yang berhubungan dengan SARA. Thanks :)