Aplikasi yang WAJIB Diinstal Fans BTS!

by - Monday, July 15, 2019

aplikasi-yang-wajib-diinstal-fans-bts-bangtan-sonyeondan

Aplikasi yang WAJIB Diinstal Fans BTS! - Annyeong! Hm.. ngomong-ngomong, ini post pertama aku yang bahas tentang K-POP. Jadi, kayaknya untuk beberapa waktu ke depan, aku bakal banyak post artikel tentang K-POP terutama BTS (Bangtan Sonyeondan) soalnya udah beberapa bulan ini aku jadi ARMY. Hehe. Tapi, kayaknya aku ga akan bahas di sini kenapa aku jadi ARMY, aku bakal buat post terpisah di artikel lainnya.

Aku bakal buat banyak artikel yang bahas K-POP sambil ngisi waktu pas lagi istirahat nyusun proposal skripsi. Kadang kan suka mumet nih pas lagi nyusun proposal, dari pada main game atau nonton mulu, kayaknya nulis artikel bakal lebih berguna buat aku. Huhu, doain aku ya guys biar cepet selesai. Pengen cepet lulus biar bebas fangirling-an, eh, biar ngga mikirin tugas kuliah lagi maksudnya. (update: udah lulus dong hehehe)

Jadi, karena aku masih bisa dibilang *newbie* soal BTS, aku pasti suka cari tau info-info tentang mereka. Dan, menurut aku, aplikasi-aplikasi ini wajib banget buat diinstal di hp kalian soalnya ini sangat ngebantu kalian biar selalu up-to-date tentang BTS. So, artikel ini aku buat khusus buat yang lagi suka, lagi ngikutin, lagi mau tau banyak tentang BTS dan atau baru jadi ARMY. Semoga membantu kalian yaa~

1. Twitter

Twitter BTS Bangtan Sonyeondan

Nah, buat kalian yang belum tau, member BTS itu aktif banget di Twitter dari pada di media sosial yang lain. Dan, karena hal itu, ARMY juga kebanyakan pakai Twitter dan info-info tentang BTS super duper lengkap + up-to-date banget di sini! Oh iya, biar terus tau banyak tentang BTS, aku rekomendasiin follow akun-akun ini :

  1. @BTS_twt : ini akunnya member BTS, dipegang sama 7 member. Di akun ini, mereka banyak update foto, video, dan lain-lain yang di-upload sama mereka sendiri. Jadi, mereka ga ada akun pribadi masing-masing ya (mungkin ada, tapi ga dipublikasiin, buat privasi mereka hehe).
  2. @bts_bighit : akun ini kayaknya yang pegang staff BigHit. Isi twitternya banyak info tentang konser, tur, muster, foto-foto BTS habis selesai konser, upload video youtube (BANGTANTV), update konten FESTA (Anniversary BTS), info di fancafe (DAUM) dan lain-lain. Lengkap banget sih ini.
  3. @BigHitEnt : ini juga wajib follow soalnya akunnya BigHit. Isi twitternya sih kebanyakan tentang artikel-artikel artis BigHit, upload video YouTube (ibighit) yang biasanya upload MV pas lagi comeback atau kasih link streaming buat dengerin lagu yang baru rilis.
  4. @lNDOMY : ini akun fanbase Indonesia ARMY. Isinya tentang info-info BTS dalam bahasa Indonesia. Jadi, akun ini ngebantu banget buat ngerti apa yang diomongin sama member BTS di fancafe, info tentang konser, throwback, dan segala macemnya ada deh. Thanks admin yang udah buat akun ini!!!
  5. @indomymenfess (kena s word :((() gantinya @indomyfess : kalau ini akun auto-tweet base. Jadi, kalau kamu follow terus udah di-follback, kamu bisa kirim DM yang nantinya bakal ke-post terus jadi tweet di akun @indomymenfess @indomyfess. Biasanya, kalau kalian mau tanya-tanya tentang hal yang berhubungan sama BTS bisa nanya ke situ lewat kirim DM (inget! harus di-follback dulu). Dari sini juga, kalian bisa punya banyak temen sesama ARMY loh. Eh, bingung ga sih penjelasan aku?
  6. @ibighitmenfess : akun ini sama kayak @indomymenfess, tapi cakupannya lebih luas. Jadi, kalau kalian suka juga sama artis-artis BigHit lainnya, misalnya, TXT atau Lee Hyun, atau bahkan kalian BigHit Stan, kalian juga bisa follow akun ini.
Akun lainnya sebenernya ada banyak banget, tapi segini dulu ya yang aku rekomendasiin. Nanti bakal panjang banget artikelnya kalo ditambah :D Kalian bisa cek atau subscribe LIST TWITTER BIGHIT BASE ini aja yaa. Btw, ada yang masih belum ngerti pake Twitter? Apa aku perlu buat artikelnya juga?

Oh iya, ada yang mau aku follow twitternya? Aku bakal follow pake Fan Account aku, jadi, komentar aja di bawah ya akun twitter kamu! Nanti aku follow koook!


2. Vlive

Vlive BTS Bangtan Sonyeondan

Yang ini aplikasi favorit aku! Soalnya, bener-bener bisa ilangin bete dan bisa bikin ketawa. Jadi, Vlive ini aplikasi streaming. Bisa dibilang, Vlive ini perpaduan YouTube + Fancafe. Di sini, kalian harus follow dulu artis-artisnya. Nah, untuk BTS, isi konten Vlive-nya ada banyak banget :

  • Run BTS!
  • Bon Voyage
  • BTS Gayo
  • Eat Jin
  • Hope on The Street
  • Comeback Special
  • LIVE!
  • Dan lain-lain
Penjelasan masing-masing konten ini nanti aku buat terpisah aja yaa. Tapi, pasti udah banyak yang tau kan. Aku jelasin dikit deh buat bagian LIVE!, gini, kalau artis Indonesia live kan biasanya di Instagram. Dan itu ga bisa kesimpen otomatis. Paling cuma bertahan seharian di story mereka. Kalau di Vlive itu, pas BTS lagi live misalnya, nanti video itu bakal kesimpen otomatis di Channel mereka. Terus, serunya itu, kita bisa kirim stiker sama kasih heart juga pas mereka lagi live. Yang pastinya itu berpengaruh banget buat ngebantu channel BTS popular di Vlive (udah sihhh hehehe).

Selain itu, akun Vlive kita bakal ada levelnya di setiap idol. Misalnya, kalau kita sering mampir ke channel BTS, isi post di bagian FAN, share video ke medsos, kasih heart, komentar atau stiker pas lagi live atau nonton video-video mereka, nanti bisa naik level.

3. Weverse

Weverse BTS Bangtan Sonyeondan

Aplikasi Weverse ini baru beberapa bulan rilis loh! Buat yang belum tau, aplikasi ini itu aplikasi fancafe yang dirilis sama BigHit buat artis-artis mereka. Untuk saat ini, baru ada 2 idol yang masuk di Weverse. BTS sama TXT.  Update: sekarang udah ada GFriend sama Seventeen juga! Bisa dibilang, aplikasi Weverse ini dibuat biar kita bisa interaksi langsung sama idol favorit kita.

Sebenernya BTS juga gabung di fancafe "DAUM" tapi sedihnya itu pakai bahasa Korea semua isinya. Terus, kita juga harus naikin level biar bisa gabung sama grup chat-nya BTS atau bahkan buat baca konten mereka juga harus naikin level dulu. Ribet banget kan? :(

Gara-gara itu, BigHit ngeluarin Weverse ini. Jadi, kita sebagai I-ARMY (International ARMY) bisa paham sama apa yang lagi BTS atau ARMY bahas, soalnya di Weverse ada tombol translate. Jadi, ga perlu copy paste terus buka google translate lagi.

Caranya pakai Weverse, kita harus join dulu sama idol favorit (BTS). Nanti, di dalamnya ada 3 bagian :
  1. Feed : ARMY bisa posting apa pun di sini dan nanti post kita juga bisa masuk Trending kalo banyak yang Cheer atau komentar. Daaan yang lebih menariknya itu, post kita bisa dikomentarin sama member BTS! 
  2. Artist : Ini isinya post yang di-upload sama member BTS. Bentuknya mirip kayak Facebook kali ya. Jadi di atas ada moment (mirip story) tapi bisa di-keep terus, ga 24 jam doang. Sama ada postingan yang member upload aja di bawah. Bisa berupa tulisan atau gambar, terus bisa ARMY atau member BTS komentarin juga.
  3. Media : Isinya video-video yang diambil dari YouTube dan kalau kita nonton di aplikasi Weverse, itu juga berpengaruh ke views di YouTube. Jadi, jangan ragu buat nonton dari aplikasi juga ya! Update: sekarang ada banyak konten juga kok di sini! Mulai dari RUN BTS!, RUN BTS! Behind, Learn Korea with BTS, dll.

4. Soundcloud

Soundcloud BTS Bangtan Sonyeondan

Pasti udah tau dong sama aplikasi ini? Yup, BTS juga pakai aplikasi ini buat upload lagu-lagu yang mereka cover, lagu yang mereka buat sendiri, sama lagu-lagu yang biasa di-upload kalau lagi FESTA (Anniversary BTS). Yang jadi favorit aku di sini itu lagu iniii :

Eh iya, ini akun soundcloud mereka ya https://soundcloud.com/bangtan.

5. YouTube

Channel YouTube BTS

Ya ampun, aku baru edit nomor 5. Padahal kan ini paling penting :( buat YouTube ini, ada 2 akun yang paling aku rekomendasiin buat kalian subscribe:
  • BANGTANTV : akun ini isinya kebanyakan tentang video bangtan di belakang panggung. Ada banyak banget playlist yang bisa kalian liat. Tapi, yang jadi favoritnya ARMY itu BTS Episode, Bangtan Bomb sama GCF by JK!
  • Big Hit Labels : ini akun resminya BigHit Label. Jadi, di akun ini kamu bakal liat banyak banget video musik official dari artis-artisnya BigHit maupun agensi lain yang ada di bawah naungan BigHit.

Oh iya, sebenernya ada beberapa aplikasi lain lagi yang bisa kamu instal. Tapi kalo aplikasi ini, bisa dibilang aplikasi tambahan :

Instagram & Facebook

Instagram BTS Bangtan Sonyeondan

Loh, ini semua media sosial harus punya dong? Ga wajib sih kalo menurut aku. Tapi, FYI, kalau lagi ada konser, Hoseok suka update InstaStory pas lagi sound check. Terus kalau ada event baru sekarang mereka juga rajin update insta story gitu. Oh iya, akun instagramnya itu @bts.bighitofficial. Follow yaa! Ada foto-foto juga yang suka mereka (staff BigHit) update kalau lagi ada event.

Facebook BTS Bangtan Sonyeondan

Kalau Facebook, ini sama aja sih kayak media sosial lainnya. Jadi, ada banyak info tentang kegiatan BTS. Nah, yang plusnya itu, album foto mereka lengkap banget dari taun 2013. Coba cek deh Facebooknya "BTS (방탄소년단)" atau klik link ini aja https://www.facebook.com/bangtan.official/. Jangan lupa like dulu! Apalagi kalau lagi FESTA atau upload konsep foto album, mereka update foto yang lengkapnya ke Facebook. Dan itu HD juga fotonya. Jadi, bisa puas ngeliat foto mereka kan? :)))

Weply Weverse Shop

Weply BTS Bangtan Sonyeondan

Buat kalian yang mau beli album, DVD, merchandise, membership, buku atau barang-barang langsung dari BigHit, kalian bisa instal Weply Weverse Shop (namanya berubah) alias Toko Online-nya BigHit. Enak banget sih sekarang kalo mau belanja jadi lebih cepet. Tapi, harus pakai kartu kredit atau uang virtual semacam paypal dkk yaa! Dan enaknya, beli di sini itu bisa dapet benefit atau bilang aja hadiah dari BigHit loh.

Ah iya, buat kalian yang udah punya album BTS, coba kalian cari kartu yang ada QR Code-nya, terus masuk ke bagian My > My Cash > Scan QR Card. Nanti, kita bakal dapet cash loh dari masing-masing album. Anggap aja cashback lah yaaa. Contohnya, aku punya album Persona, BTS World sama MOTS:7 dan itu dapat cash ada yang $0.15 atau $0.20 / album. Hehehe harus beli banyak biar cash-nya juga nambah :)))

Amino Apps

Amino Apps BTS Bangtan Sonyeondan

Aplikasi ini bisa dibilang salah satu aplikasi forum buat banyak komunitas. Ada tentang K-POP, Games, Anime, dan lain-lain. Nah, kenapa aku saranin aplikasi ini juga? Soalnya, di sini ada banyak banget yang bahas soal teori BTS sama BigHit. Kayak yang kalian tau, ada yang namanya BU (BTS Universe) Content di Buku "The Notes", Webtoon "Save Me" sama beberapa MV (Music Video) BTS. Isinya yaaaa teori gitu.

Duh, pusing kalau bahas teori mereka, baca di sini juga yaa buat panduan BU Content. Selamat belajar teori BTS sama BigHit! Welcome to the family!

Balik lagi ke Amino Apps. Jadi, cara pakai aplikasi Amino itu :
1. Cari dulu forum apa yang mau kita ikutin. (Nah, saran dari aku gabung ke-2 ini : BTS ARMY INDONESIA AMINO sama ARMY's)
2. Join
3. Check-in setiap hari
4. Baca-baca deh isinya!

Selamat berselancar!

Wah, ga berasa ternyata artikelnya jadi panjang banget. Tapi, semoga artikel Aplikasi yang WAJIB Diinstal Fans BTS! ini bermanfaat buat kalian yaa! Kalau bermanfaat, boleh dikomen di bawah, atau ada yang mau dibuatin artikel lainnya, boleh komentar di bawah juga hehe.

You May Also Like

8 komentar

  1. Itu bener ya kak asli yang kayak di Twitter, terus Instagram,dan yang lain ??m

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya official ya kak? Iya kak, yang aku sebutin di sini akun asli mereka. sisanya yang aku sebut base sama forum gitu

      Delete
  2. Kak folow twitku @tantaPark nnti aku folback kak,makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. followed! akunku yg pake ava zepeto selfie sama rj ya :)

      Delete
  3. Haiii sesama ARMY! :D

    Kalau dilihat dari tanggal postingan ini, sepertinya kita baru-baru ngefans di waktu yang berdekatan bukan ya? Meski udah tahu BTS sejak era Danger, masuk fandomnya waktu comeback BWL hihi

    Awal-awal ngefans aku juga cukup aktif di Twitter. Cuma sejak awal pandemi ini aku sign out dari Twitter karena ngerasa waktuku boros banget di situ 😅 lebih aktif di Instagram jadi aku follow akun fanbase yang ada di sana, kayak @7bts.update. Terus sempet main BTS WORLD juga cuma nggak sanggup karena makan memori hape banget, mana susah banget naik levelnya wkwkw

    Eniwei, salam kenal yaa, Mbaa! 💜

    ReplyDelete
  4. Hello bts may i join your bts group

    ReplyDelete
  5. Follow Ig aku kak
    @inaretnosr

    ReplyDelete

Halo semuanya, silakan tinggalkan jejak disini ya :) tolong jangan SPAM atau komentar yang berhubungan dengan SARA. Thanks :)